Ahlan

Senin, 06 September 2010

Ngajar lagi yuuuk! (saat menunggu kuliah) part 2 -end-

Hari kamis: basah semuanya.

Hari itu sebelum ngajar di kelas lima, aku diminta bantuin bu Rifka ngajar di kelas 2. Kelas yang terkenal paling ribut seantero sekolah itu. Tapi jangan salah, mereka udah banyak yang ngaji qur’an loh! Lancar pula. Subhanallah… oya kelas ini juga ‘istimewa’ soalnya kelas ini dititipi ABK (anak berkebutuhan khusus) gak tanggung-tanggung 3 orang sekaligus yang masing-masingnya punya karaktrer yang beda banget. Tapi beda loh sama yang di SLB (beda tipis).

Katanya guru-guru yang ngajar di kelas itu mesti kuat imannya. Soalnya anak-anaknya gak bisa diem. Anak biasa2nya ikutan luar biasa (maceuhnya). Motah banget. Tapi kalo dikasih tugas mereka gak banyak nawar kaya kelas lima. Nurut banget, malah pengen lebih banyak tugasnya :P hahahaha. Asa kakaraeun (baru kali ini) ngajar aya murid nu pengen banyak tugasnya :P. mereka lucu-lucu banget, mereka sebenarnya bisa diatur. Cuma karena ada beberapa biang usil sehingga yang lain ikut rebut. Heheheu… kalo kata guru lain ngajar disana menyiksa, kalo kata aku si luar biasa seru!! :D. (guru-guru yang denger aku bilang gitu pada bengong..hihihii..)

Siangnya ba’da dzuhur waktunya aku ngajar di kelas 5. Mereka semua nanya kenapa kemaren aku gak ngajar, bikin kelas ini katanya ribut gak karuan. Guru lain gak ada yang tau kalo aku gak ngajar jadinya dapet teguran deh. Ya jadi ceritanya kemaren tuh aku kurang sehat, maagh ma batuk merajalela. Kacida lah! Padahal sebenernya aku tuh pas jam ½ 1 datang loh :O Cuma balik lagi aja :P wkwkwk….

Ngajar hari itu lebih terkonsep karena materinya udah aku kuasain :D/ dan seperti biasa waktu Iqro mereka berebut.. hahah… semangat amat ngajinya :D. sampe-sampe buat ngeredain itu, iqro mesti diselingi menulis pelajaran atau latihan soal. siapa cepat dia dapat!

Oya siang itu langit mendung. Akhirnya hujan besar yang disertai angin mendera bandung, katanya sih di sebagian bandung lainnya hujan es. Weew, anak-anak mulai panic. Katanya kalo hujan gede kelas bakal bocor. Ku kira Cuma bocor kecil tapi ternyata lebih dari itu. Air masuk dari ventilasi dan atap mulai bocor. Gak tanggung2, hal ini membuat kelas yang terletak di lantai 3 ini banjir asli. Ujannya gede banget. Anak-anak bukannya berdoa turun hujan malah panik. Belum petir yang sambar menyambar. Semuanya gak bisa di repehin. Bukannya cepet beres2 buat pindah ke kelas bawah malah jerit-jerit apalagi perempuanya. Akhirnya setelah mengeluarkan suara ekstra dan mereka –tetep dengan jeritannya- mulai beres2 barang. Dan waktu keluar, anginnya kenceng banget ternyata. Bukannya cepeet2 turun malah matung diluar sambil kebasahan sambil teriak2… plis deh! Dan setelah di komando turun dengan hati-hati akhirnya mereka sampai di tujuan.

Ruang kelas 1. Astagfirulloh.. serak aslina. Lain kali saya mesti belajar cara mengendalikan anak-anak yang paniknya gak ketulungan. Ishrof alias lebay.

Setelah itu pelajaran sekitar 30 menit lagi. Aslinya jadi gak efektif, bangku yang kurang en anak-anak yang men cek hape qwerty nya bikin ricuh yang lainnya yang ga punya hape. Hahah… akhirnya hape kumpulin di depan aja, buat ibu (wkakakak maunya). Dan pelajaran berakhir dengan basah. Baju basah, tas basah, kaus kaki basah, hape basah, semua basah! :D\


Hari jumat: hari yang unik

Hari jumat diawali dengan mengajar di kelas 2. Hari itu aku sama bu Rifka –as teacher- menyadari fungsi kami sebagai guru sebenarnya. Ada salah seorang anak ABK yang tampak ketakutan ampe nangis dan gak mau jumatan bareng temennya yang lain. padahal yang di kelas Cuma anak cewek aja, sholat dzuhur di kelas. Dia udah dibujuk ma temen-temennya –bahkan ada yang ngasih uang jajajnnya- ke si A biar mau sholat. Uang ditangan, sholat gak jalan. Maunya apa sih.

Usut punya usut ternyata dia kehilangan uang tabungannya sebesar 5000 aja. Kalo biasanya sih, aku gitu. Kalo ilang bilang aja ilang. Paling Cuma dapet teguran dan masalah beres. Tapi ternyata buat dia hal ini bener-bener kiamat kecil. Hilangnya uang bagi dia berarti cacian, siksaan dan kurungan di wc oleh ayahnya. Astagfirullah… segitunyakah? Setiap kami bilang kata-kata yang menenangkan, dia langsung menentangnya dengan ancaman yang sudah ada dibenakknya. Gak ada cara lain kecuali mengganti uangnya. Bismillah, mudah-mudahan hal ini bisa membantu, kami memberinya uang 5000 dan memintanya segera ke TU untuk dibayarkan. Percaya atau gak, anak itu langsung berhenti nangisnya dan menepati janjinya, dia setorkan uangnya dan buru-buru wudhu dan siap-siap sholat. Weew… ini pengalaman yang unik… sebelumnya aku belum pernah menangani anak ABK loh. Gak susah tenyata :D.

Ba’da istirahat dzuhur aku pindah ke kelas 5. Kelas yang luar biasa –unik-. Heheu. Hari ini suara ku bener2 abis. Gak bisa dipake keras2. dan sebelum ngajar pun ana udah laporan, minta perhatiannya pada anak-anak biar gak riweuh soalnya suaraku seret. Anak anak setuju (awalnya) dan ribut (gak lama kemudian). Heheheheh

Hari ini gak tau kenapa anak-anak jadi lebih manja daripada biasanya. Ogo na na’udzubillah. Apa ini karena semalam aku dapet info dari ibu TU sekolah kalo angkatan ini terhitung angkatan yang paling manja dalam sejarah sekolah ini? Wallahu a’lam deh. Yang pasti banyak banget ngeyel dan nawarnya. Contoh kasus waktu anak-anak ku suruh ngerjain 5 soal PG dari buku cetak, disalin soal dan jawaban. Guess what? Mereka nolak mati-matian. Lebay pisan. Alasannya? Gak jelas (katanya sih cape). And you know what? Mereka malah minta ngerjain 15 soal (5 PG dan 10 Esay) dan ditulis di buku isinya aja. (aduh ini siapa yang pinter sih??). Aku gak abis pikir… meski udah dijelasin logikanya eh tetep ngotot. Yaudah akhirnya ku suruh 15 soal aja :D ahhahahaha…. Menolak kebaikan hatiku?? Teu langkung ah :D ahahah…

Oya mengajar hari ini diakhiri dengan kegiatan –belajar- di masjid. Anak-anak ngotot dan mengeluarkan jurus andalannya yaitu dengan kata “kalo sama bu A itu suka ke masjid.” Ahh daripada semuanya ribut (ni guru gak jelas begete pendiriannya :P) hayu kita ke masjid. Syarat gak boleh kabur, jajan, dan main2!

Bagaikan masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Hasilnya: 2 anak pulang alias kabur, dan sebagian lainnya jajan dan main. Abis suaraku buat ngumpulin anak-anak di masjid. Hehehehe dikira aku udah nyerah nak? Soriii!! Alhamdulillah dalam waktu 5 menit aku sukses mengumpulkan kembali anak-anak. Oh aku jadi inget kata bu Rifka tentang bab hukum menghukum :D, akhirnya tanpa menuduh, aku minta kejujuran mereka untuk yang tadi main bola dan jajan. Aku minta mereka duduk terpisah dan nulis surat Al Baqoroh 20 ayat (maaf ya say, ini diperlukan sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Melanggar ya dihukum). Maka ½ jam terakhir hari itu diisi dengan cerita ku tentang imam Syafi’i. Alhamdulillah mereka antusias loh.. hhehee menyenangkan juga ya mengajar tuh. “Allahu Akbar, Allahu Akbar” oow adzan berkumandang, semua bergegas bersiap sholat berjama’ah. Tanpa perlu banyak komando, semuanya langsung mengambil air wudlu dan berdiri di shaf sholat. Setelah selesai sholat, belajar diakhiri dengan do’a bersama dan bubaaaar!! :D see you next time guys :D

Ngajar lagi yuuuk! (saat menunggu kuliah) part 1

perubahan drastis yang tejadi pasca kelulusan aku di tingkat Aliyah adalah dengan menghilangnya rutinitas belajar ke sekolah. Dan karena sebelumnya aku lebih fokus untuk berkegiatan intra maupun ekstra di sekolah saja membuat aku nganggur. That’s soo baaadd!!!

Kegiatan yang pasti cuma melakukan pekerjaan rumah dan latihan banethin di sekolah, itu juga 2 kali seminggu. Alhamdulillahnya aku gak jadi nganggur2 amat dengan mengikuti seminar-seminar yang sudah di keceng dari jaman sekolah dulu. dan setelahnya? Kembali nganggur…

Sampai akhirnya datanglah tawaran mengajar di SD. Uwooo I like it so bad! Meski Cuma sebagai guru pengganti sekitar sepekan karena guru aslinya sakit komplikasi (DB+Thypus) tapi rasanya ih waw hebring aja gitu. Kini ku tak nganggurrrr!!

Hari Senin: Oh so bad, tripel kalieur!

Mengajar dimulai dari hari senin, aku kebagian ngajar kelas 5 yang terkenal dengan sifat banyak nawar dan (katanya) angkatan paling manja dari sejarah angkatan di sekolah itu. Hari itu sebelum ngajar aku ngebut sama teh Mariam ke ma’had Imaarot buat liat hasil dan registrasi. Karena teh Mariam ambil jalur kopo yang muter banget, perjalanan 20 menit berubah jadi 35 menit.

Sesampainya di imaarot kami langsung cari papan pengumuman. Ih waw nya dengan sukses dan ajaib saya loncat langsung ke mustawa tsani!! (what the??!!). sedangkan teh Mariam ada di mustawa awal. Berasa lagi di sayang sama Allah dengan lulusnya saya snmptn di jurusan yang saya cinta yang letaknya pilihan ke 2, ditambah lulus di Imaarot langsung ke mustawa tsani saya menjadi sangat bersyukur. Mungkin ini balasan perjuangan saya menjalani UN 2x agar bisa lulus dengan indah dan melawan si bapak yang mau ngasih contekan pas UN kedua. Lu kate gue bodo??!!! Iman gue gak seharga contekan itu!! SORI YE!! :D hahahahah… (sampai sekarang kami masih keki ma bapak guru itu)

Akhirnya dengan berat hati saya melepaskan Imaarot setelah konsultasi dengan ustadzah dan beberapa mahasiswa UPI yang nyambi di Imaarot. Insyaallah 1-2 tahun lagi bakal saya kejar ni ma’had (cape dong).

Setelah itu bergegas saya kembali lagi ke SD setelah sebelumnya dijajanin di kantin susu KPBS ma teh Mariam.. hhahah,, jazakillah ;). Dan dalam keadaan pusing kepanasan, batuk yang mendera dan maagh yang kambuh aku mengajar. Hari pertama mengajar: so bad!

Karena deraan kekurang sehatan itu saya menjadi sedikit keder waktu ngajar, terlebih materi baru saya dapat 5 menit sebelum ngajar bikin pelajaran hari itu gak jelas. Konsep yang udah aku buat jadi kacau. Pertanyaan mereka gak terjawab semuanya (ya’juj dan ma’juj tuh apa bu??). Maaf ya adek-adek, bukan maksud hati nelantarin… hiks. Dan dari hari itu aku mengidentifikasi karakter kelas dan anak-anaknya yang cenderung kritis dan kebanyakan nonton gossip (serius, masa lagi bahas ttg kiamat mereka nanya en nyambung-nyambungin ma mama loren en pilm 2012, yang akhirnya terbelah 2 kubu, yang tau (nentang temennya yang nanya ttg ramalan) dan yang belum tau (yang nanya2 mulu ttg keabsahan ramalan) dan terjadilah debat kusir yang kalo aku gak wasit-in mereka gakan abis2nya :P

Result hari pertama: stress…. @_@

Hari Selasa: teratur aman damai dan seru!

Sepulang mengajar kemaren, setelah mengidentifikasi sesisi kelas akhirnya aku menyusun metode ngajar dan beberapa trik pencuri perhatian. Wkwkwkwk :P. pokoknya ngajar kali ini gakan ancur kayak kemaren yang parah banget. Apa yang terjadi dikelas hari itu? Cekedot!

Jam pelajaran dimulai dengan membagikan kertas HVS bekas yang kosong belakangnya. Karena aku kurang bisa menghapal cepat nama orang sebanyak 35 itu, ya aku suruh aja buat tulis namanya segede2nya di kertas yang sebelumnya dilipat sedemikian rupa sampai rupawan, jangan lupa di hias ya!! 10 menit aja okey! Alhamdulillahnya kegiatan itu sukses membuat mereka untuk fokus dan tidak ribut sambil aku ngebut ngulang materi yang mau diajarkan :D.

Setelah sebekumnya mendapat wejangan dari guru2 senior mengenai mengendalikan anak dikelas. Alhamdulillah bisa terpraktekkan dengan baik. Hari itu mengajar serasa mudah, meski tetep aja kalo dikasih tugas pasti pada nawar :P. manja ah! :P hahahah

Result hari kedua: LancaaaaRRRR aman terkendali.

Hari Rabu: nothing

Result hari ketiga: gak ngajar, Kabur.

Diary mengajarku (coretan buat bu Kepsek :D)

Diary Mengajarku

Kegiatan mengajarku di mulai dari kelas 1 mu'allimin–setingkat 1 aliyah.- dengan ilmu yang masih pas-pasan bahkan minim kami,santri mu'allimin harus sudah dibiasakan dengan kegiatan mengajar. Karenasesuai dengan nama jenjangnya Mu'allimin yaitu sekolah yang mendidik calonpengajar –guru-.

Awalnya kegiatan ini terasa sangat asing, karena biasanya kami yang diajari oleh guru kami sejak SD hingga saat ini tiba-tiba diharuskanuntuk berganti posisi menjadi pengajar yang tentunya bukan hal sepele, karenakami mengemban amanah untuk mengajarkan kembali ilmu yang kami punya. Aih..perasaan senang, gugup, takut, bercampur gak karuan kaya nano-nano. Manis asemasin gitu.

Hari ini saya membaca kembali buku catatan mengajar saya,disana ada banyak tulisan berbentuk laporan hasil mengajar sehari itu. Pengalaman mengajar 5 orang anak SD kelas 1 dengan segala kehebohannya. Guess what?? Sayacengar cengir, karena catatan ini mengingatkan banyak momen bersejarah dalamhidup. Apa aja sih isinya?? Cekedot aja deh!

Jumat, 9 November 2007

1. Adam: Adam itu kadang (mungkin) bicaranya suka dengannada merendahkan temannya ex: "da diamah miskin." Kalo cekcok suka main pukulseenaknya (dari kapan anak kecil berantem pake permisi?) jail, suka makandikelas. Baca iqro nya bagus tapi kadangmasih kurang paham dengan huruf yang disambung.

2. Alam: Main-main aja, tempat kabur>> kelas A'Yusuf atau T'Rika. Kurang bisa konsentrasi waktu belajar, baca iqro cukup baik

.

3. Bagus: Sepertinya ada masalah di rumahnya (atau disekolah??). jadinya disekolah BT danselalu bilang "pengen pulan" aja. Agak malas dan agak marah-marah (??),ngomongnya kasar terus. Tadi dipukul adam di kepala & punggung.

4. Naylan: cukup baik dari yang lain (pang bageurna lah!),tapi kadang suka ber'comment' tentang masalah temannya (yang kadang g perluikut komen). Paling mandiri.

Nb: sholat duha nya pada ga'bener (g'jelas) malah main-main.

*Note: Adam & bagus berkelahi, Alam kabur darikelas???!! dll

Jumat, 18 Januari 2008

@masjid: Rijal nangis gara-gara Asep, Fajar dipukul samaZahir (ni anak mainnya kuli banget sih!?). Bagus ngomong kasar terus &makan dikelas.

*Awalnya yang mau makan itu Alam, terus yogi, terus Bagus(ngikutin). Bagus belajarnya gak bener, Rio& bagus berantem wae!! Rio na nangis deh...Alam keluar (lagi) kabur. Wanda & Iwan ikut ke kelas. Tapi malah main-main.

Bagus: Segala gak mau, tapi hereuy wae. Ngomong kasar terusen berantem wae (semuanya pake wae)

Alam: belajarnya gak bener, malah main-main sama yogi

Yogi: gak bisa konsen ke pelajaran, sagala dimaenin!

Rio: Main-main aja dikelas, lari-lari. Tapi mau nulis & baca iqro

Ricky: mau nulis & baca iqro tapi rudet. Mau baca bukujuga (Alhamdulillah)

Materi: baca buku cerita & iqra, menulis huruf inggrisdan cara bacanya.

Nb: Iwan~ dewasa sebelum waktunya (kokolot begog). Ngomonginttg PACARAN wae, (curcol tah, katanya udah punya pacar. Ckckck)

----3valuasi----

Perkembangan Anak-Anak (analisa sampai 1 Februari)

>> Bagus: semakin baik, bicara(kasar)nya mulaiberkurang, mau shalat & baca iqra (ternyata alasannya tidak mau baca karenamalu J), mau menulis (meski Cuma ½), san mau duduk sebangku berdua (tapi temen2nyagak mau :P )

(15 feb) oya,bahasa bajak lautnya berkurang drastis!! (subhanallah)

>> Naylan: Bacaannya makin bagus, tapi ada huruftertentu yang bikin dia bingung. Mau menulis, mau shalat sendiri, bisa (lancar)berinteraaksi dengan temannya (pertama2 mah agak susah) dan mau duduk semejaberdua :D )

>> Alamsyah: Egois (masih), susah diatur, tapi baca iqronyabagus dan akrab dengan temannya. Tapi kadang suka main-main pas belajar. Tapibaik sama teman.

>> Rio:Kabur-kaburan, main-main pas belajar, mau disuruh baca tulis. Bacanya lumayanlancer. Agak susah konsen waktu diajak belajar, sagala di coo (di maenin).Temen ributnya: Bagus~suka mancing2

>> Riki: Rajin, bacanya bagus. Kadang egois (maunyaduduk sendiri) tapi sama yang lain hubungannya baik2 :D. oya makinliiiinnncaaaahhh!! (gatau abis makan apa).

Catatan dibalik 'Jeruji' Jajang

Cerita ini saya ambil cataatn tangan seorang anak dari skripsi seseorang yang meneliti tentang pendidikan anak di rumah tahanan kelas 1 Kebon Waru Bandung.

*Sebelum saya masuk ke tembok derita ini, saya sempet bekerja di grosir makanan. Ya lumayan lah buat sehari-hari mah. Tapi aku kerja juga gak terlalu pokus, soal nyah suka main ma anak-anak. itu juga kalow ada yang ngajak. Tapi semakin sering nyah main semakin pingin keluar dari kerjaan, soal nyah seru pada nongkrong jalan-jalan keliling Bandung, ya itu juga sambil berantem. Pada minum-minum ma anak-anak.

Tapi dibalik itu malah ku semakin ketagihan pingin minum.
Tapi ku dah coba untuk berhenti
Tapi ku ga bisa, ya mungkin aku udah kecanduan
Tapi aku gak menyerah untuk berhenti minum
aku terus coba dan akhirnya aku pun bisa tuk berhenti dan akupun bersyukur bisa lepas dari air haram itu.

Waktu aku didalam bui ini, aku banyak temen. dan aku bersyukur banyak orang yang ingin jadi temen aku. dan orang-orang itu pun pada baik ma aku. Meskipun aku baru disinih. tapi mereka tetep baik ma aku. aku gakkan lupa itu semua.

Jika saya keluar dari sini, saya tidak akan mengulanginyah lagi karna kehidupan di sini kaya burung dalam sangkarnya yang tidak bisa apa-apa. dan saya akan menghargai orang lain dan saya akan berusaha untuk jadi yang terbaik.

nama: Jajang
Umur: 16 thn.

sumber: skripsi dari Rahmi Rasyida, Jur. Kurikulum dan teknologi pendiidkan UPI