Diary Mengajarku
Kegiatan mengajarku di mulai dari kelas 1 mu'allimin–setingkat 1 aliyah.- dengan ilmu yang masih pas-pasan bahkan minim kami,santri mu'allimin harus sudah dibiasakan dengan kegiatan mengajar. Karenasesuai dengan nama jenjangnya Mu'allimin yaitu sekolah yang mendidik calonpengajar –guru-.
Awalnya kegiatan ini terasa sangat asing, karena biasanya kami yang diajari oleh guru kami sejak SD hingga saat ini tiba-tiba diharuskanuntuk berganti posisi menjadi pengajar yang tentunya bukan hal sepele, karenakami mengemban amanah untuk mengajarkan kembali ilmu yang kami punya. Aih..perasaan senang, gugup, takut, bercampur gak karuan kaya nano-nano. Manis asemasin gitu.
Hari ini saya membaca kembali buku catatan mengajar saya,disana ada banyak tulisan berbentuk laporan hasil mengajar sehari itu. Pengalaman mengajar 5 orang anak SD kelas 1 dengan segala kehebohannya. Guess what?? Sayacengar cengir, karena catatan ini mengingatkan banyak momen bersejarah dalamhidup. Apa aja sih isinya?? Cekedot aja deh!
Jumat, 9 November 2007
1. Adam: Adam itu kadang (mungkin) bicaranya suka dengannada merendahkan temannya ex: "da diamah miskin." Kalo cekcok suka main pukulseenaknya (dari kapan anak kecil berantem pake permisi?) jail, suka makandikelas. Baca iqro nya bagus tapi kadangmasih kurang paham dengan huruf yang disambung.
2. Alam: Main-main aja, tempat kabur>> kelas A'Yusuf atau T'Rika. Kurang bisa konsentrasi waktu belajar, baca iqro cukup baik
.
3. Bagus: Sepertinya ada masalah di rumahnya (atau disekolah??). jadinya disekolah BT danselalu bilang "pengen pulan" aja. Agak malas dan agak marah-marah (??),ngomongnya kasar terus. Tadi dipukul adam di kepala & punggung.
4. Naylan: cukup baik dari yang lain (pang bageurna lah!),tapi kadang suka ber'comment' tentang masalah temannya (yang kadang g perluikut komen). Paling mandiri.
Nb: sholat duha nya pada ga'bener (g'jelas) malah main-main.
*Note: Adam & bagus berkelahi, Alam kabur darikelas???!! dll
Jumat, 18 Januari 2008
@masjid: Rijal nangis gara-gara Asep, Fajar dipukul samaZahir (ni anak mainnya kuli banget sih!?). Bagus ngomong kasar terus &makan dikelas.
*Awalnya yang mau makan itu Alam, terus yogi, terus Bagus(ngikutin). Bagus belajarnya gak bener, Rio& bagus berantem wae!! Rio na nangis deh...Alam keluar (lagi) kabur. Wanda & Iwan ikut ke kelas. Tapi malah main-main.
Bagus: Segala gak mau, tapi hereuy wae. Ngomong kasar terusen berantem wae (semuanya pake wae)
Alam: belajarnya gak bener, malah main-main sama yogi
Yogi: gak bisa konsen ke pelajaran, sagala dimaenin!
Rio: Main-main aja dikelas, lari-lari. Tapi mau nulis & baca iqro
Ricky: mau nulis & baca iqro tapi rudet. Mau baca bukujuga (Alhamdulillah)
Materi: baca buku cerita & iqra, menulis huruf inggrisdan cara bacanya.
Nb: Iwan~ dewasa sebelum waktunya (kokolot begog). Ngomonginttg PACARAN wae, (curcol tah, katanya udah punya pacar. Ckckck)
----3valuasi----
Perkembangan Anak-Anak (analisa sampai 1 Februari)
>> Bagus: semakin baik, bicara(kasar)nya mulaiberkurang, mau shalat & baca iqra (ternyata alasannya tidak mau baca karenamalu J), mau menulis (meski Cuma ½), san mau duduk sebangku berdua (tapi temen2nyagak mau :P )
(15 feb) oya,bahasa bajak lautnya berkurang drastis!! (subhanallah)
>> Naylan: Bacaannya makin bagus, tapi ada huruftertentu yang bikin dia bingung. Mau menulis, mau shalat sendiri, bisa (lancar)berinteraaksi dengan temannya (pertama2 mah agak susah) dan mau duduk semejaberdua :D )
>> Alamsyah: Egois (masih), susah diatur, tapi baca iqronyabagus dan akrab dengan temannya. Tapi kadang suka main-main pas belajar. Tapibaik sama teman.
>> Rio:Kabur-kaburan, main-main pas belajar, mau disuruh baca tulis. Bacanya lumayanlancer. Agak susah konsen waktu diajak belajar, sagala di coo (di maenin).Temen ributnya: Bagus~suka mancing2
>> Riki: Rajin, bacanya bagus. Kadang egois (maunyaduduk sendiri) tapi sama yang lain hubungannya baik2 :D. oya makinliiiinnncaaaahhh!! (gatau abis makan apa).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar