Ahlan

Senin, 06 September 2010

Ngajar lagi yuuuk! (saat menunggu kuliah) part 2 -end-

Hari kamis: basah semuanya.

Hari itu sebelum ngajar di kelas lima, aku diminta bantuin bu Rifka ngajar di kelas 2. Kelas yang terkenal paling ribut seantero sekolah itu. Tapi jangan salah, mereka udah banyak yang ngaji qur’an loh! Lancar pula. Subhanallah… oya kelas ini juga ‘istimewa’ soalnya kelas ini dititipi ABK (anak berkebutuhan khusus) gak tanggung-tanggung 3 orang sekaligus yang masing-masingnya punya karaktrer yang beda banget. Tapi beda loh sama yang di SLB (beda tipis).

Katanya guru-guru yang ngajar di kelas itu mesti kuat imannya. Soalnya anak-anaknya gak bisa diem. Anak biasa2nya ikutan luar biasa (maceuhnya). Motah banget. Tapi kalo dikasih tugas mereka gak banyak nawar kaya kelas lima. Nurut banget, malah pengen lebih banyak tugasnya :P hahahaha. Asa kakaraeun (baru kali ini) ngajar aya murid nu pengen banyak tugasnya :P. mereka lucu-lucu banget, mereka sebenarnya bisa diatur. Cuma karena ada beberapa biang usil sehingga yang lain ikut rebut. Heheheu… kalo kata guru lain ngajar disana menyiksa, kalo kata aku si luar biasa seru!! :D. (guru-guru yang denger aku bilang gitu pada bengong..hihihii..)

Siangnya ba’da dzuhur waktunya aku ngajar di kelas 5. Mereka semua nanya kenapa kemaren aku gak ngajar, bikin kelas ini katanya ribut gak karuan. Guru lain gak ada yang tau kalo aku gak ngajar jadinya dapet teguran deh. Ya jadi ceritanya kemaren tuh aku kurang sehat, maagh ma batuk merajalela. Kacida lah! Padahal sebenernya aku tuh pas jam ½ 1 datang loh :O Cuma balik lagi aja :P wkwkwk….

Ngajar hari itu lebih terkonsep karena materinya udah aku kuasain :D/ dan seperti biasa waktu Iqro mereka berebut.. hahah… semangat amat ngajinya :D. sampe-sampe buat ngeredain itu, iqro mesti diselingi menulis pelajaran atau latihan soal. siapa cepat dia dapat!

Oya siang itu langit mendung. Akhirnya hujan besar yang disertai angin mendera bandung, katanya sih di sebagian bandung lainnya hujan es. Weew, anak-anak mulai panic. Katanya kalo hujan gede kelas bakal bocor. Ku kira Cuma bocor kecil tapi ternyata lebih dari itu. Air masuk dari ventilasi dan atap mulai bocor. Gak tanggung2, hal ini membuat kelas yang terletak di lantai 3 ini banjir asli. Ujannya gede banget. Anak-anak bukannya berdoa turun hujan malah panik. Belum petir yang sambar menyambar. Semuanya gak bisa di repehin. Bukannya cepet beres2 buat pindah ke kelas bawah malah jerit-jerit apalagi perempuanya. Akhirnya setelah mengeluarkan suara ekstra dan mereka –tetep dengan jeritannya- mulai beres2 barang. Dan waktu keluar, anginnya kenceng banget ternyata. Bukannya cepeet2 turun malah matung diluar sambil kebasahan sambil teriak2… plis deh! Dan setelah di komando turun dengan hati-hati akhirnya mereka sampai di tujuan.

Ruang kelas 1. Astagfirulloh.. serak aslina. Lain kali saya mesti belajar cara mengendalikan anak-anak yang paniknya gak ketulungan. Ishrof alias lebay.

Setelah itu pelajaran sekitar 30 menit lagi. Aslinya jadi gak efektif, bangku yang kurang en anak-anak yang men cek hape qwerty nya bikin ricuh yang lainnya yang ga punya hape. Hahah… akhirnya hape kumpulin di depan aja, buat ibu (wkakakak maunya). Dan pelajaran berakhir dengan basah. Baju basah, tas basah, kaus kaki basah, hape basah, semua basah! :D\


Hari jumat: hari yang unik

Hari jumat diawali dengan mengajar di kelas 2. Hari itu aku sama bu Rifka –as teacher- menyadari fungsi kami sebagai guru sebenarnya. Ada salah seorang anak ABK yang tampak ketakutan ampe nangis dan gak mau jumatan bareng temennya yang lain. padahal yang di kelas Cuma anak cewek aja, sholat dzuhur di kelas. Dia udah dibujuk ma temen-temennya –bahkan ada yang ngasih uang jajajnnya- ke si A biar mau sholat. Uang ditangan, sholat gak jalan. Maunya apa sih.

Usut punya usut ternyata dia kehilangan uang tabungannya sebesar 5000 aja. Kalo biasanya sih, aku gitu. Kalo ilang bilang aja ilang. Paling Cuma dapet teguran dan masalah beres. Tapi ternyata buat dia hal ini bener-bener kiamat kecil. Hilangnya uang bagi dia berarti cacian, siksaan dan kurungan di wc oleh ayahnya. Astagfirullah… segitunyakah? Setiap kami bilang kata-kata yang menenangkan, dia langsung menentangnya dengan ancaman yang sudah ada dibenakknya. Gak ada cara lain kecuali mengganti uangnya. Bismillah, mudah-mudahan hal ini bisa membantu, kami memberinya uang 5000 dan memintanya segera ke TU untuk dibayarkan. Percaya atau gak, anak itu langsung berhenti nangisnya dan menepati janjinya, dia setorkan uangnya dan buru-buru wudhu dan siap-siap sholat. Weew… ini pengalaman yang unik… sebelumnya aku belum pernah menangani anak ABK loh. Gak susah tenyata :D.

Ba’da istirahat dzuhur aku pindah ke kelas 5. Kelas yang luar biasa –unik-. Heheu. Hari ini suara ku bener2 abis. Gak bisa dipake keras2. dan sebelum ngajar pun ana udah laporan, minta perhatiannya pada anak-anak biar gak riweuh soalnya suaraku seret. Anak anak setuju (awalnya) dan ribut (gak lama kemudian). Heheheheh

Hari ini gak tau kenapa anak-anak jadi lebih manja daripada biasanya. Ogo na na’udzubillah. Apa ini karena semalam aku dapet info dari ibu TU sekolah kalo angkatan ini terhitung angkatan yang paling manja dalam sejarah sekolah ini? Wallahu a’lam deh. Yang pasti banyak banget ngeyel dan nawarnya. Contoh kasus waktu anak-anak ku suruh ngerjain 5 soal PG dari buku cetak, disalin soal dan jawaban. Guess what? Mereka nolak mati-matian. Lebay pisan. Alasannya? Gak jelas (katanya sih cape). And you know what? Mereka malah minta ngerjain 15 soal (5 PG dan 10 Esay) dan ditulis di buku isinya aja. (aduh ini siapa yang pinter sih??). Aku gak abis pikir… meski udah dijelasin logikanya eh tetep ngotot. Yaudah akhirnya ku suruh 15 soal aja :D ahhahahaha…. Menolak kebaikan hatiku?? Teu langkung ah :D ahahah…

Oya mengajar hari ini diakhiri dengan kegiatan –belajar- di masjid. Anak-anak ngotot dan mengeluarkan jurus andalannya yaitu dengan kata “kalo sama bu A itu suka ke masjid.” Ahh daripada semuanya ribut (ni guru gak jelas begete pendiriannya :P) hayu kita ke masjid. Syarat gak boleh kabur, jajan, dan main2!

Bagaikan masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Hasilnya: 2 anak pulang alias kabur, dan sebagian lainnya jajan dan main. Abis suaraku buat ngumpulin anak-anak di masjid. Hehehehe dikira aku udah nyerah nak? Soriii!! Alhamdulillah dalam waktu 5 menit aku sukses mengumpulkan kembali anak-anak. Oh aku jadi inget kata bu Rifka tentang bab hukum menghukum :D, akhirnya tanpa menuduh, aku minta kejujuran mereka untuk yang tadi main bola dan jajan. Aku minta mereka duduk terpisah dan nulis surat Al Baqoroh 20 ayat (maaf ya say, ini diperlukan sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Melanggar ya dihukum). Maka ½ jam terakhir hari itu diisi dengan cerita ku tentang imam Syafi’i. Alhamdulillah mereka antusias loh.. hhehee menyenangkan juga ya mengajar tuh. “Allahu Akbar, Allahu Akbar” oow adzan berkumandang, semua bergegas bersiap sholat berjama’ah. Tanpa perlu banyak komando, semuanya langsung mengambil air wudlu dan berdiri di shaf sholat. Setelah selesai sholat, belajar diakhiri dengan do’a bersama dan bubaaaar!! :D see you next time guys :D

1 komentar:

  1. Buat temen2 yang mau download buku kuliah limited edisi berbahasa indonesia silahkan kunjungi http://www.widtama.com

    BalasHapus