Ahlan

Senin, 06 September 2010

Ngajar lagi yuuuk! (saat menunggu kuliah) part 1

perubahan drastis yang tejadi pasca kelulusan aku di tingkat Aliyah adalah dengan menghilangnya rutinitas belajar ke sekolah. Dan karena sebelumnya aku lebih fokus untuk berkegiatan intra maupun ekstra di sekolah saja membuat aku nganggur. That’s soo baaadd!!!

Kegiatan yang pasti cuma melakukan pekerjaan rumah dan latihan banethin di sekolah, itu juga 2 kali seminggu. Alhamdulillahnya aku gak jadi nganggur2 amat dengan mengikuti seminar-seminar yang sudah di keceng dari jaman sekolah dulu. dan setelahnya? Kembali nganggur…

Sampai akhirnya datanglah tawaran mengajar di SD. Uwooo I like it so bad! Meski Cuma sebagai guru pengganti sekitar sepekan karena guru aslinya sakit komplikasi (DB+Thypus) tapi rasanya ih waw hebring aja gitu. Kini ku tak nganggurrrr!!

Hari Senin: Oh so bad, tripel kalieur!

Mengajar dimulai dari hari senin, aku kebagian ngajar kelas 5 yang terkenal dengan sifat banyak nawar dan (katanya) angkatan paling manja dari sejarah angkatan di sekolah itu. Hari itu sebelum ngajar aku ngebut sama teh Mariam ke ma’had Imaarot buat liat hasil dan registrasi. Karena teh Mariam ambil jalur kopo yang muter banget, perjalanan 20 menit berubah jadi 35 menit.

Sesampainya di imaarot kami langsung cari papan pengumuman. Ih waw nya dengan sukses dan ajaib saya loncat langsung ke mustawa tsani!! (what the??!!). sedangkan teh Mariam ada di mustawa awal. Berasa lagi di sayang sama Allah dengan lulusnya saya snmptn di jurusan yang saya cinta yang letaknya pilihan ke 2, ditambah lulus di Imaarot langsung ke mustawa tsani saya menjadi sangat bersyukur. Mungkin ini balasan perjuangan saya menjalani UN 2x agar bisa lulus dengan indah dan melawan si bapak yang mau ngasih contekan pas UN kedua. Lu kate gue bodo??!!! Iman gue gak seharga contekan itu!! SORI YE!! :D hahahahah… (sampai sekarang kami masih keki ma bapak guru itu)

Akhirnya dengan berat hati saya melepaskan Imaarot setelah konsultasi dengan ustadzah dan beberapa mahasiswa UPI yang nyambi di Imaarot. Insyaallah 1-2 tahun lagi bakal saya kejar ni ma’had (cape dong).

Setelah itu bergegas saya kembali lagi ke SD setelah sebelumnya dijajanin di kantin susu KPBS ma teh Mariam.. hhahah,, jazakillah ;). Dan dalam keadaan pusing kepanasan, batuk yang mendera dan maagh yang kambuh aku mengajar. Hari pertama mengajar: so bad!

Karena deraan kekurang sehatan itu saya menjadi sedikit keder waktu ngajar, terlebih materi baru saya dapat 5 menit sebelum ngajar bikin pelajaran hari itu gak jelas. Konsep yang udah aku buat jadi kacau. Pertanyaan mereka gak terjawab semuanya (ya’juj dan ma’juj tuh apa bu??). Maaf ya adek-adek, bukan maksud hati nelantarin… hiks. Dan dari hari itu aku mengidentifikasi karakter kelas dan anak-anaknya yang cenderung kritis dan kebanyakan nonton gossip (serius, masa lagi bahas ttg kiamat mereka nanya en nyambung-nyambungin ma mama loren en pilm 2012, yang akhirnya terbelah 2 kubu, yang tau (nentang temennya yang nanya ttg ramalan) dan yang belum tau (yang nanya2 mulu ttg keabsahan ramalan) dan terjadilah debat kusir yang kalo aku gak wasit-in mereka gakan abis2nya :P

Result hari pertama: stress…. @_@

Hari Selasa: teratur aman damai dan seru!

Sepulang mengajar kemaren, setelah mengidentifikasi sesisi kelas akhirnya aku menyusun metode ngajar dan beberapa trik pencuri perhatian. Wkwkwkwk :P. pokoknya ngajar kali ini gakan ancur kayak kemaren yang parah banget. Apa yang terjadi dikelas hari itu? Cekedot!

Jam pelajaran dimulai dengan membagikan kertas HVS bekas yang kosong belakangnya. Karena aku kurang bisa menghapal cepat nama orang sebanyak 35 itu, ya aku suruh aja buat tulis namanya segede2nya di kertas yang sebelumnya dilipat sedemikian rupa sampai rupawan, jangan lupa di hias ya!! 10 menit aja okey! Alhamdulillahnya kegiatan itu sukses membuat mereka untuk fokus dan tidak ribut sambil aku ngebut ngulang materi yang mau diajarkan :D.

Setelah sebekumnya mendapat wejangan dari guru2 senior mengenai mengendalikan anak dikelas. Alhamdulillah bisa terpraktekkan dengan baik. Hari itu mengajar serasa mudah, meski tetep aja kalo dikasih tugas pasti pada nawar :P. manja ah! :P hahahah

Result hari kedua: LancaaaaRRRR aman terkendali.

Hari Rabu: nothing

Result hari ketiga: gak ngajar, Kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar